Jumat, 12 September 2008

AWAS! Suntik Silikon marak!!!





"Jika Anda ingin memancungkan hidung, mengisi dagu, atau payudara, sebaiknya jangan ke salon kecantikan karena dampaknya bisa menimbulkan sakit berkepanjangan" ujar dr. Sidik Setiamihardja dari RS Bedah Plastik Bina Estetika, Jakarta.




KOLAGEN MAHAL.




Selain itu," kata Sidik, "perlu dicek keaslian kolagen itu. Karena kolagen yang asli harganya cukup mahal. Satu cc harganya bisa mencapai 80-100 dolar AS. Padahal, untuk memperbesar payudara diperlukan cairan kolagen sebanyak 200 cc, yang artinya perlu dana sekitar 40 ribu dolar atau sekitar Rp 360 juta." kata Sidik. Sementara orang minta dibesarkan payudaranya di salon kecantikan karena ingin murah.Kolagen yang diambil dari tunjang hewan (biasanya sapi) mirip jaringan tubuh manusia, sehingga bila disuntikkan ke dalam tubuh, sebagian akan diserap oleh tubuh. Namun, sebulan setelahnya, perlu dievaluasi," ujar Sidik.



GUNAKAN SILIKON JELI.



Karena ketidaktahuan pasien maka sering pelaku usaha menyebut silikon cair sebagai kolagen. Dampak disuntik silikon cair, 1 - 2 tahun kemudian, di daerah yang disuntik, misalnya dagu atau hidung, akan berwarna merah dan bengkak (tanda penolakan tubuh), sehingga tampak turun kayak nenek sihir." ujar Sidik.Wanita usia rawan kanker (35 - 45 tahun) juga sebaiknya hati-hati karena bengkak yang disebabkan cairan silikon akan mempersulit deteksi jika ada kanker atau tumor.Untuk memperbesar payudara sebaiknya gunakan silikon jeli. Silikon jeli terbungkus dalam kantung, sehingga mudah diangkat jika ternyata menyebabkan reaksi alergi. Sedangkan untuk membentuk hidung, sebaiknya gunakan silikon padat agar bisa dibentuk sesuai keinginan dan mudah dibongkar jika ada reaksi alergi," lanjutnya.



KONSULTASI LEBIH DULU.

Anda sudah pernah mendapat suntikan silikon cair? Sidik menganjurkan jangan buru-buru minta silikon dikeluarkan atau dibongkar. "Sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis bedah kosmetik, apakah silikon cair itu memang harus dikeluarkan atau tidak."Jika bentuk hidung atau dagu yang disuntik tidak terlalu banyak berubah, lebih baik dibiarkan saja. "Karena jika dioperasi malah akan meninggalkan bekas luka."

Tidak ada komentar: